cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
benefit@ums.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani 1 Pabelan Kartasura Surakarta 57102
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 14104571     EISSN : 25412604     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Surakarta, covering a variety of topics in economics, management, business and finance.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Volume 3 No 2 Desember 2018" : 16 Documents clear
The Influence of Current Ratio, Inventory Turnover Ratio, Cash Turnover and Debt To Equity Ratio Against The Return on Investment in The Production of Industrial Companies Listed on The Stock Exchange of Malaysia in 2016 Umniati, Rika; Titisari, Kartika Hendra; Chomsatu, Yuli
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6533

Abstract

Abstract : This research aims to know the influence of Current Ratio, Inventory Turnover Ratio, Cash Turnover and Debt To Equity Ratio against the Return On Investment. The population in the study, namely the production of industrial companies listed on the stock exchange of Malaysia Year 2016 totalling 233 companies. Type of this research is quantitative research. Sampling using a purposive sampling technique. The number of samples as many as 131 research company. Methods of data analysis used in the study are using multiple linear regression test. Data analysis using SPSS 17 assistance. The results of this study indicate that a variable Inventory Turnover Ratio effect on Return On Investment. While the Current Ratio, variable Cash Turnover and Debt To Equity Ratio has no effect against a Return On InvestmentAbstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Rasio Perputaran Persediaan, Perputaran Kas dan Rasio Hutang terhadap Ekuitas terhadap Return On Investment. Populasi dalam penelitian, yaitu produksi perusahaan industri yang terdaftar di bursa efek Malaysia Tahun 2016 berjumlah 233 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 131 perusahaan penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Inventory Turnover Ratio berpengaruh terhadap Return On Investment. Sedangkan Current Ratio, variabel Cash Turnover dan Debt To Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap Return On Investment.
Model Dan Strategi Pengembangan Makanan Lokal Daerah (Studi Kasus Pada Kabupaten Meranti & Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau) Nofrizal, Nofrizal
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.7069

Abstract

Abstrak : Local food can be a competitive advantage to develop the region by utilizing existing natural resources. Meranti and Bengkalis regencies in Riau province have a great opportunity to develop regional competitive advantage. The purpose of this study is to develop strategies for developing competitive advantage through local food. The object of this study was all local MSMEs in Meranti and Bengkalis Regency who were taken by purposive sampling technique. Data analysis using IFAS and EFAS analysis and SWOT 8K analysis. The results of this study found several options for developing regional competitive advantage strategies, namely stabilization strategies. Abstraksi : Makan lokal daerah dapat menjadi keunggulan bersaing untuk mengembangkan daerahnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Kabupaten Meranti dan Bengkalis di provinsi Riau memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan keunggulan bersaing daerahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun strategi pengembangan keunggulan bersaing melalui makanan lokal daerah. Objek penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM makan lokal di Kabupaten Meranti dan Kabupaten Bengkalis yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis IFAS dan EFAS serta analisis SWOT 8K. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa pilihan strategi pengembangan keunggulan bersaing daerah yaitu strategi stabilisasi. 
Peran Pos Pada Hubungan Antara Keadilan Organisasional dan Ocbo Pada Dosen Tidak Tetap Ptm waskito, Jati; Chuzaimah, Chuzaimah; Irmawati, Irmawati
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6652

Abstract

Abstract : The purpose of this study is to examine the significance of POS role models as mediation to organizational justice relations (procedural and distribusional) directed at the individual relationship to the organization (OCBO). Respondents in this study are non-permanent faculty members in PTM accredited A (UMS, UMY, UMM, UHAMKA, and UAD). The survey results on the five PTM get 150 non-permanent lecturers willing to be respondents. The result of SEM analysis shows that procedural and distributional equity correlate positively and significantly to POS. One thing that is different in the findings of this study is the weak relationship between POS and OCBO. Procedural justice has a significant direct relationship to OCBO, but not with distributive justice. That is, POS is not a variable mediating distributive and procedural justice relationships with OCBO.Abstraksi : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi model peran POS sebagai mediasi terhadap hubungan keadilan organisasi (prosedural dan distribusional) yang diarahkan pada hubungan individu dengan organisasi (OCBO). Responden dalam penelitian ini adalah anggota fakultas non-permanen di PTM terakreditasi A (UMS, UMY, UMM, UHAMKA, dan UAD). Hasil survei pada lima PTM mendapatkan 150 dosen non permanen yang bersedia menjadi responden. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa prosedural dan distribusi ekuitas berkorelasi positif dan signifikan terhadap POS. Satu hal yang berbeda dalam temuan penelitian ini adalah lemahnya hubungan antara POS dan OCBO. Keadilan prosedural memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan OCBO, tetapi tidak dengan keadilan distributif. Artinya, POS bukanlah variabel mediasi hubungan keadilan distributif dan prosedural dengan OCBO
Membangun Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Di Kota Tegal sujarwo, Makmur; Subekti, Subekti
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6741

Abstract

Abstract: This study aims to find out how far the Quality Function Deployment (QFD) strategy is built in hospitals in the city of Tegal so that it can improve patient satisfaction. This study uses a questionnaire distribution method with a sample of 120 hospital patients in the city of Tegal as respondents. Respondents' answers to closed questions about the variables examined in this study were then analyzed using Multiple Regression Tests with IBM SPSS Statistics 22 analysis. The results of this study indicate variebel tangibles and emphaty which have a positive and significant effect on increasing patient satisfaction with successive regression values according to 0.340 and 0.559. For that reason, it has become a necessity for the hospital to further increase the tangible and empathetic of its patients in order to increase patient satisfaction. In the Quality Function Deployment (QFD) application, it shows that most of the requirements of patients (consumers) get value is very important and only a few who get important ratings, among others; rapid patient handling, the availability of sophisticated and modern hospital equipment technology; employees, nurses and doctors who are experts competent in their fields and friendly in serving patients, and others. Keywords : Quality Function Deployment, tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphathy.. Abstraksi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi Quality Function Deployment (QFD) dibangun di rumah sakit di kota Tegal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode distribusi kuesioner dengan sampel 120 pasien rumah sakit di kota Tegal sebagai responden. Responden terhadap pertanyaan tertutup tentang variabel dianalisis menggunakan Uji Regresi Berganda dengan analisis IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan variableness dan empati yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kepuasan pasien dengan nilai regresi berturut-turut sesuai 0,340 dan 0,559. Oleh karena itu, menjadi lebih penting bagi pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien. Dalam aplikasi Quality Function Deployment (QFD), itu menunjukkan kondisi yang paling penting bagi pasien (konsumen), antara lain; penanganan pasien yang cepat, ketersediaan teknologi peralatan rumah sakit yang canggih dan modern; karyawan, perawat dan dokter yang ahli dalam bidangnya dan ramah dalam melayani pasien, dan lainnya.Kata kunci : Quality Function Deployment, tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphathy.
Analisis Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Financial Performance dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Isa, Muzakar; Deviana, Della Ariska
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6653

Abstract

Abstract : The purpose of this research are to analyze: (1) influence of intellectual capital to the competitive advantage; (2) influence of intellectual capital to the financial performance; (3) the mediating effect of competitive advantage in the relationship between intellectual capital and financial performance. The technique of the sample collection was purposive sampling and based on the determined criteria, so 21 companies which have met the criteria have been selected as samples. This research was casual comparative. The analysis used in this study includes classical assumption test, liniar regression analysis and path analysis. The result of this research show that: (1) Intellectual Capital has a significant and positive effect on Competitve Advantage; (2) Intellectual Capital significantly and positively influence on Financial Performance; (3) Competitive Advantage variabel is mediated Intellectual Capital to the Financial Performance. Keyword: Intellectual Capital, Financial Performance, Competitive AdvantageAbstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh intellectual capital terhadap competitive advantage; (2) pengaruh intellectual capital terhadap financial performance; (3) pengaruh mediasi hubungan antara intellectual capital dan financial performance. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang ditentukan, sehingga diperoleh 21 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini termasuk kausal komparatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Intellectual Capital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage; (2) Intellectual Capital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap financial performance; (3) Competitive Advantage memediasi Intellectual Capital terhadap Financial Performance. Abstract
Manajemen Perubahan Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan di Industri Batik Laweyan Surakarta hakim, Lukman; Sugiyanto, Eko
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6562

Abstract

Abstract : The purpose of this study are: (1) Identify the causes of organizational changes that occur in Batik Laweyan Surakarta industry. (2) Identify the impact of organizational change in Batik Laweyan Surakarta industry. (3) Analyzing organizational change process that happened in Batik Laweyan Surakarta industry. (4) Analyzing the constraining factors and supporting organizational change in Batik Laweyan Surakarta industry. The result of the research concludes that the cause of organizational change: (1) because the fulfillment of consumer needs and tastes, (2) competition from batik entrepreneurs, (3) due to fluctuating economic condition in Indonesia. (4) The existence of education problem and financial ability of batik company, (5) environmental factor around. The process of execution of changes that occurred in Batik Laweyan industry in general is the same character that is the character of calm and orderly by evolution or stages (midle of change). Factors supporting the change include: (1) the government, (2) the protective institutions(Kampoeng Batik Laweyan Development Forum), (3) company policy, (4) the materials used to innovate in the process of easy staining obtained. Source of rejection to change of organization, among others: (1) concern about the emergence of new competitor, (2) Variety of idea batik entrepreneur.Abstraksi : Tujuan penelitian ini adalah:  (1) Mengidentifikasi penyebab perubahan organisasi yang terjadi di industri Batik  Laweyan Surakarta.  (2) Mengidentifikasi dampak perubahan organisasi di industri Batik  LaweyanSurakarta. (3) Menganalisis proses perubahan organisasi yang terjadi di industri Batik  LaweyanSurakarta. (4) Menganalisis faktor pendukung perubahan organisasi di industri Batik  LaweyanSurakarta. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab perubahan organisasi:  (1) karena pemenuhan kebutuhan dan selera konsumen, (2) adanya persaingan dari competitor pengusaha batik, (3) karena kondisi perekonomian di Indonesia yang fluktuatif. (4) Adanya masalah pendidikan dan kemampuan keuangan perusahaan batik, (5) faktor lingkungan sekitar. Proses pelaksanaan perubahan yang terjadi di Industri Batik Laweyan secara umum adalah berkarakter sama yaitu karakter tenang dan teratur secara evolusi atau tahapan-tahapan (midle of change). Faktor pendukung perubahan, antara lain: (1) pihak pemerintah, (2) lembaga pelindung (Forum Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan/ FPKBL), (3) Kebijakan perusahaan, (4) bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan inovasi dalam proses pewarnaan mudah didapatkan. Sumber penolakan terhadap perubahan oganisasi, antara lain:(1) kekhawatiran akan munculnya pesaing-pesaing baru, (2) Beragamnya ide atau gagasan pengusaha batik.
Transformational Leadership, Organizational Culture and Organizational Commitment in Forming Performance in Secretariat Employees DPRD Surakarta Tahapary, Yuneth; Rahadhini, Marjam Desma; Suprayitno, Suprayitno
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6532

Abstract

Abstract : Human resource management is one of the functions of the organization, and when the function is running well, the organization is expected to strive for employees to provide optimal performance in accordance with the expected. Factors that may affect employee performance are transformational leadership, organizational culture and organizational commitment. Transformational leadership is a state in which employees feel trust, admiration, loyalty, and respect for their leaders. Organizational culture is the norm, belief, attitude and philosophy that embraced someone in achieving organizational goals. Organizational commitment is a psychological state that characterizes the relationship of employees with the organization and that affects employees will remain in the organization or not. The object of this research is Secretariat Staff of DPRD Surakarta. Based on presurvey in Secretariat DPRD Surakarta has a phenomenon of human resources problems, namely: the leader can not be a good example for employees, there are leaders who often come late, not obey the rules set. Employees have difficulty completing tasks on time, so the job becomes ineffective. Employees are also less confident about the organization, because of the lack of rewards for employees who have good performance.Abstraksi : Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu fungsi organisasi, dan ketika fungsinya berjalan dengan baik, organisasi diharapkan berusaha agar karyawan dapat memberikan kinerja yang optimal sesuai dengan yang diharapkan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan komitmen organisasi. Kepemimpinan transformasional adalah keadaan di mana karyawan merasa percaya, mengagumi, kesetiaan, dan menghormati pemimpin mereka. Budaya organisasi adalah norma, keyakinan, sikap dan filosofi yang merangkul seseorang dalam mencapai tujuan organisasi. Komitmen organisasi adalah keadaan psikologis yang mencirikan hubungan karyawan dan organisasi yang mempengaruhi karyawan akan tetap berada di organisasi atau tidak. Objek penelitian ini adalah Staf Sekretariat DPRD Surakarta. Berdasarkan presurvey di Sekretariat DPRD Kota Surakarta, ada sejumlah masalah sumber daya manusia, yaitu: pemimpin yang tidak memiliki contoh yang baik untuk karyawan, ada pemimpin yang sering datang terlambat, tidak mematuhi aturan yang ditetapkan. Karyawan mengalami kesulitan menyelesaikan tugas tepat waktu, sehingga pekerjaan menjadi tidak efektif. Karyawan juga kurang yakin tentang organisasi, karena kurangnya penghargaan untuk karyawan yang memiliki kinerja yang baik.
Antecedents of online purchasing behavior Antesenden perilaku pembelian secara daring Kuswati, Rini; Saleha, Amalia
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6655

Abstract

Abstract : This study aims to determine the effect of information quality, service quality, as antecedent of  online purchasing decision behavior. The population in this study is consumer  who had been shopping for products or goods through the sale and purchase site of tokopedia.com. This study using 100 respondents, sampling technique with purposive sampling method. The paradigm of this study is positivism and using survey as design research. Data analyzed in this research includes measurement test, normality test, multicollinearity test and heteroskedastisity test. Hypothesis  testing  using  multiple linear regression analysis, t-test, F test, and the value  of coefficient of determination (R²). The results showed that the quality of information has a positive and significant effect on the behavior of online purchasing decisions. Service quality variable have positive and significant effect to online purchasing decision behavior. Confidence variables have a significant and negative effect on online purchase decision behavior. Simultaneously the quality of information, service quality, and trust have a significant influence on the behavior of purchasing decision. The variance of independent variables in explainable  online decision are  17,4% and the rest explained by other variable outside of this research.Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas layanan, sebagai anteseden perilaku keputusan pembelian online. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah berbelanja produk atau barang melalui situs jual beli tokopedia.com. Penelitian ini menggunakan 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Paradigma penelitian ini adalah positivisme dan menggunakan survei sebagai penelitian desain. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji pengukuran, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, t-test, uji F, dan nilai koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian online. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian online. Variabel keyakinan memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap perilaku keputusan pembelian online. Bersamaan dengan itu kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian. Varians variabel independen dalam keputusan online yang dapat dijelaskan adalah 17,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Membangun Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Di Kota Tegal Makmur sujarwo; Subekti Subekti
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6741

Abstract

Abstract: This study aims to find out how far the Quality Function Deployment (QFD) strategy is built in hospitals in the city of Tegal so that it can improve patient satisfaction. This study uses a questionnaire distribution method with a sample of 120 hospital patients in the city of Tegal as respondents. Respondents' answers to closed questions about the variables examined in this study were then analyzed using Multiple Regression Tests with IBM SPSS Statistics 22 analysis. The results of this study indicate variebel tangibles and emphaty which have a positive and significant effect on increasing patient satisfaction with successive regression values according to 0.340 and 0.559. For that reason, it has become a necessity for the hospital to further increase the tangible and empathetic of its patients in order to increase patient satisfaction. In the Quality Function Deployment (QFD) application, it shows that most of the requirements of patients (consumers) get value is very important and only a few who get important ratings, among others; rapid patient handling, the availability of sophisticated and modern hospital equipment technology; employees, nurses and doctors who are experts competent in their fields and friendly in serving patients, and others. Keywords : Quality Function Deployment, tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphathy.. Abstraksi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi Quality Function Deployment (QFD) dibangun di rumah sakit di kota Tegal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode distribusi kuesioner dengan sampel 120 pasien rumah sakit di kota Tegal sebagai responden. Responden terhadap pertanyaan tertutup tentang variabel dianalisis menggunakan Uji Regresi Berganda dengan analisis IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan variableness dan empati yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kepuasan pasien dengan nilai regresi berturut-turut sesuai 0,340 dan 0,559. Oleh karena itu, menjadi lebih penting bagi pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien. Dalam aplikasi Quality Function Deployment (QFD), itu menunjukkan kondisi yang paling penting bagi pasien (konsumen), antara lain; penanganan pasien yang cepat, ketersediaan teknologi peralatan rumah sakit yang canggih dan modern; karyawan, perawat dan dokter yang ahli dalam bidangnya dan ramah dalam melayani pasien, dan lainnya.Kata kunci : Quality Function Deployment, tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphathy.
Analisis Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Financial Performance dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Muzakar Isa; Della Ariska Deviana
Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 3 No 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/benefit.v3i1.6653

Abstract

Abstract : The purpose of this research are to analyze: (1) influence of intellectual capital to the competitive advantage; (2) influence of intellectual capital to the financial performance; (3) the mediating effect of competitive advantage in the relationship between intellectual capital and financial performance. The technique of the sample collection was purposive sampling and based on the determined criteria, so 21 companies which have met the criteria have been selected as samples. This research was casual comparative. The analysis used in this study includes classical assumption test, liniar regression analysis and path analysis. The result of this research show that: (1) Intellectual Capital has a significant and positive effect on Competitve Advantage; (2) Intellectual Capital significantly and positively influence on Financial Performance; (3) Competitive Advantage variabel is mediated Intellectual Capital to the Financial Performance. Keyword: Intellectual Capital, Financial Performance, Competitive AdvantageAbstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh intellectual capital terhadap competitive advantage; (2) pengaruh intellectual capital terhadap financial performance; (3) pengaruh mediasi hubungan antara intellectual capital dan financial performance. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan berdasarkan kriteria yang ditentukan, sehingga diperoleh 21 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini termasuk kausal komparatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Intellectual Capital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage; (2) Intellectual Capital mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap financial performance; (3) Competitive Advantage memediasi Intellectual Capital terhadap Financial Performance. Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Volume 7 No 1 Juni 2022 Volume 6 No 2 Desember 2021 Volume 6 No 1 Juni 2021 Volume 5 No 2 Desember 2020 Volume 5 No 1 Juni 2020 Volume 4 No 2 Desember 2019 Volume 4 No 1 Juni 2019 Volume 3 No 2 Desember 2018 Volume 3 No 1 Juni 2018 Volume 3 No 1 Juni 2018 Volume 2 No 2 Desember 2017 Volume 2 No 2 Desember 2017 Volume 2 No 1 Juni 2017 Volume 2 No 1 Juni 2017 Volume 1 No 2 Desember 2016 Volume 1 No 2 Desember 2016 Volume 1 No 1 Juni 2016 Volume 1 No.1 Juni 2016 Volume 1 No 1 Juni 2016 Volume 19 No 2 Desember 2015 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 19 No 2 Desember 2015 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 19 No 2 Desember 2015 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 19 No 1 Juni 2015 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 19 No 1 Juni 2015 Volume 19 No 1 Juni 2015 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 18 No 2 Desember 2014 Volume 18 No 2 Desember 2014 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 18 No 2 Desember 2014 Volume 18 No 1 Juni 2014 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 18 No 1 Juni 2014 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 18 No 1 Juni 2014 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 17 No 2 Desember 2013 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 17 No 2 Desember 2013 Volume 17 No 2 Desember 2013 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 17 No 1 Juni 2013 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 17 No 1 Juni 2013 Volume 17 No 1 Juni 2013 Volume 16 No 2 Desember 2012 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 16 No 2 Desember 2012 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 16 No 2 Desember 2012 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 16 No 1 Juni 2012 Volume 16 No 1 Juni 2012 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 16 No 1 Juni 2012 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 15 No 2 Desember 2011 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 15 No 2 Desember 2011 Volume 15 No 2 Desember 2011 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 15 No 1 Juni 2011 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 15 No 1 Juni 2011 Volume 15 No 1 Juni 2011 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010 Volume 14 No 2 Desember 2010 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 2 Desember 2010 Volume 14 No 1 Juni 2010 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 1 Juni 2010 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 14 No 1 Juni 2010 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 13 No 2 Desember 2009 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 13 No 2 Desember 2009 Volume 13 No 2 Desember 2009 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 13 No 1 Juni 2009 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 13 No 1 Juni 2009 Volume 13 No 1 Juni 2009 Volume 12 No 2 Desember 2008 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 12 No 2 Desember 2008 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 12 No 2 Desember 2008 Volume 12 No 1 Juni 2008 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 12 No 1 Juni 2008 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 12 No 1 Juni 2008 Volume 11 No 2 Desember 2007 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 11 No 2 Desember 2007 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 11 No 2 Desember 2007 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 11 No 1 Juni 2007 Volume 11 No 1 Juni 2007 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 11 No 1 Juni 2007 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 10 No 2 Desember 2006 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 10 No 2 Desember 2006 Volume 10 No 2 Desember 2006 Volume 10 No 1 Juni 2006 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 10 No 1 Juni 2006 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 10 No 1 Juni 2006 Volume 9 No 2 Desember 2005 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 9 No 2 Desember 2005 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 9 No 2 Desember 2005 Volume 9 No 1 Juni 2005 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 9 No 1 Juni 2005 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 9 No 1 Juni 2005 Volume 8 No 2 Desember 2004 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 8 No 2 Desember 2004 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 8 No 2 Desember 2004 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 8 No 1 Juni 2004 Volume 8 No 1 Juni 2004 Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 8 No 1 Juni 2004 More Issue